Wednesday 27 June 2018

TOUR TO BROMO MOUNTAIN


Gunung Bromo adalah salah satu ikon jawa timur yang sudah diakui keindahannya oleh dunia dan masih menjadi salah satu destinasi wisata favorit di jawa timur.

Ada beberapa jalur yang bisa dilalui untuk mencapai gunung bromo. Jalur favorit yang saya ada dua.

Jalur pertama melalui Tosari Pasuruan.
Melalui jalur ini anda akan disuguhkan pemandangan bukit yang hijau dan jalan yang berliuk liuk yang sangat indah sampai desa Tosari. Gunung bromo mempunyai view sunrise terbaik jika dilihat dari penanjakan gunung bromo yang berada di desa Tosari Pasuruan. Anda akan dikenakan retribusi karcis masuk di pos pintu masuk gunung bromo di desa Tosari Pasuruan, harga tiket masuk gunung bromo terakhir yang sy tau di tahun 2017 adalah 35K untuk turis lokal dan 60K untuk turis asing. Harga penginapan di Tosari relatif murah berkisar diantara harga 150K sampai 350K. Tidak perlu terlalu mewah karena anda hanya numpang tidur sebentar dan akan pergi pagi buta jam 02.30 kalau anda ingin selihat sunrise di penajakan.





Untuk bisa melihat sunrise di penanjakan anda harus menggunakan kendaraan 4WD. Kalau mobil anda bukan 4WD di Tosari disediakan penyewaan JEEP 4WD dengan harga 600rb yang bisa di isi 5 sampai 6 penumpang. Dengan harga itu anda akan diantar kelihat sunrise di penanjakan dan di ajak berkeliling di lautan pasir.


Jalur kedua melalui Tongas Probolinggo.
Melalui jalur ini ada bisa menemukan air terjun Madakaripura, air terjun ini bentuknya unik dan menurut sejarah merupakan tempat bertapanya Maha Patih Gajah Mada.



untuk info tiket disini saya kurang update, karena saya terakhir kesana sudah tahun 2013 yang lalu.
Kembali ke topik bromo, melalui jalur Tongas pun saat mendekati Kecamatan Sukapura kita juga disuguhkan pemandangan yang tidak kalah indahnya dengan pemandangan melalui jalur tosari. Disini jalanan juga berkelok dengan pemandangan perbukitan yang hijau. Harga tiket masuk lokasi wisata gunung bromo juga sama 35K untuk turis lokal dan 60K untuk turis asing. Penginapan di daerah Sukapura pun hampir sama dikisaran 150K sampai 500K tergantung seberapa bagus penginpannya.
Untuk bisa melihat sunrise di penanjakan anda harus berangkat lebih pagi dari pada melalui jalur Tosari Pasuruan yaitu sekitar 01.00 pagi anda harus sudah berangkat dengan menggunakan JEEP 4WD. Total JEEP yang ada di Tosari dan Tongas kurang lebih 1500 Jeep jadi yang lebih pagi berangkat akan dapat tempat parkir paling dekat dengan penanjakan. Jika anda terlalu siang berangkat maka anda harus berjalan kaki cukup jauh untuk mencapai penanjakan.

Sunrise yang harus ditunggu dari jam 02.30 atau jam 03.00 hingga muncul saat subuh sekitar jam 04.30 anda akan disuguhkan dengan rasa dingin yang sangat menusuk tulang. Tapi di penanjakan banyak penjual mui cup dan kopi yang bisa membantu menghangatkan tubuh anda.

Setelah puas melihat sunrise dari penanjakan anda akan diajak menuruni perbukitan yang curam menuju lautan pasir gunung bromo.



Jeep akan berhenti di dekat pembatas dan kita bisa melanjutkan perjalanan menuju kawah gunung bromo atau hanya sekedar berada di Pura ditengah lautan pasir dengan berjalan kaki. Bisa juga dengan menyewa kuda dengan harga 20K untuk sekali jalan atau 40K untuk menjemput lagi dan mengantar anda kembali ke JEEP.



Jika anda masih punya tenaga anda bisa naik ke kawah gunung bromo dengan menaiki ribuan anak tangga ini untuk mencapainya.

Disekitar Pura terdapat banyak penjual bakso dan mie rebus untuk mendongkrak tenaga anda. Namun sayang hanya terdapat 2 toilet umum yang ada di lokasi lautan pasir ini sehingga saran saya sebelum anda berangkat menuju penanjakan persiapkan diri anda, minum seperlunya selama perjalanan dan pastikan anda sudah BAB sebelum berangkat karena jika anda mengalaminya di lautan pasir akan sangat merepotkan juga.

Sekilan ulasan saya tentang berwisata ke gunung bromo semoga bermanfaat bagi traveller sekalian.


Agar blog ini terus memberikan posting tentang tempat travelling favorit anda, anda bisa berdonasi ke rekening saya.

Rekening donasi :

BNI 0121963769
BCA 2250693373

atas nama Khoirul Anam


No comments:

Post a Comment

BALI TRAVELLING PACKAGE